Seruit Khas Lampung Nikmatnya Dijamin Pasti Ketagihan

Seruit khas Lampung merupakan salah satu makanan yang wajib Anda coba jika berkunjung ke Sumatra. Seperti kita ketahui, setiap daerah di Indonesia tentu memiliki hidangan khasnya sendiri-sendiri.

Sama halnya seperti di provinsi paling selatan yakni Sumatra, juga memiliki kuliner khas mereka yaitu Seruit. Sebagian dari Anda mungkin masih asing dengan kuliner yang satu ini.

Karena memang ini adalah makanan khas orang Sumatra dan mungkin kita hanya bisa menjumpainya di sana. Kali ini kita akan review secara singkat kuliner khas Lampung yang satu ini.

Seruit khas Lampung

Review Makanan Seruit Khas Lampung

Setiap daerah di Indonesia pastinya mempunyai kuliner uniknya sendiri-sendiri, sama seperti Lampung. Berikut review seruit secara singkat, agar Anda bisa lebih mengenal kuliner unik satu ini :

1.      Cita Rasa dan pembuatan Seruit

Seruit khas Lampung merupakan salah satu hidangan khas Lampung, berupa sambal terasi lengkap dengan ikan pindang baung. Ikan tersebut digoreng atau dibakar kemudian dimakan bersamaan dengan sambal terasi.

Serta mangga kuweni atau tempoyak yang disandingkan dengan berbagai macam lalapan. Semuanya dicampur dalam sambal beraroma khas dengan rasa pedas asam, manis dan tentunya segar.

Pastinya akan lebih nikmat bila disantap menggunakan tangan bersama nasi putih serta minumnya teh manis hangat. Tidak hanya disediakan di sejumlah rumah makan, Seruit khas Lampung juga sering disajikan.

Ketika kumpul keluarga maupun acara penting di kalangan masyarakat Sumatra. Tradisi turun temurun ini hingga kini tetap dilestarikan oleh Suku Lampung Pepadun. Di mana tuan rumah akan menghidangkan.

Berbagai macam lauk pauk dan sambal seruit lengkap dengan lalapan agar bisa disantap bersama para tamu. Masyarakat menyebut kuliner ini dengan sebutan nyruit atau makan bersama saudara, teman atau keluarga.

Bahan-bahan untuk membuatnya sangat mudah, yakni sambal terasi yang sudah jadi, ikan pindang, tempoyak durian serta sedikit air. Proses pembuatan kuliner ini juga mudah dan cepat.

Masyarakat Lampung sering kali menambahkan lalapan dan juga petai sebagai pelengkap hidangan ini. Perpaduan rasa sambal terasi dan juga sambal mangga atau sambal tempoyak ini.

Mampu memberikan cita rasa asam, pedas, segar dan juga manis sehingga menambah kenikmatan ketika menyantap hidangan ini. Tidak heran bila hidangan ini menjadi favorit orang Lampung.

2.      Penyajian seruit Lampung

Sesungguhnya menghidangkan menu Seruit khas Lampung ini tidaklah rumit, siapapun bisa menyajikan serta mengolahnya menjadi santapan lezat. Terdiri dari Sambal terasi, ini yang utama dari Seruit.

Lalu dipadu dengan ikan pepes atau ikan bakar yang berasal dari jenis ikan sungai atau air tawar. Ditambah dengan terong rebus atau bakar, tempoyak atau durian yang di fermentasi.

Kemudian isi timun, setelah itu semua bahan utama tersebut diaduk hingga semua tercampur rata. Dalam tradisi Lampung, pencampuran itu tadi dilakukan dengan menggunakan tangan. Setelah sambal beserta pelengkapnya telah tercampur.

Maka jadilah sajian seruit yang siap santap, namun akan lebih nikmat bila menyantap Seruitbersama pindang ikan baung. Dengan tahu atau tempe goreng beserta aneka lalapan.

Antara lain seperti timun, daun singkong rebus, kacang panjang rebus, oyong rebus, kemangi, bahkan petai serta jengkol muda. Beberapa pihak dalam tradisi Lampung juga melengkapinya dengan lalapan berupa Kemutik Lengko.

Atau putik mangga muda, daun jambu mete muda, pucuk daun adas, daun putik kencur hingga julang jaling. Dengan begitu dijamin, Seruit khas Lampung akan terasa lebih lezat dan nikmat.

Leave a Reply