Site icon Ranchoreilly

Rujak Cingur Jawa Timur dengan Cita Rasa Lengkap

Hampir semua masyarakat di Indonesia tentu tidak asing lagi dengan rujak cingur Jawa Timur. Kuliner satu ini memiliki cita rasa yang lengkap, karena di dalamnya tidak hanya ada cingur saja.

Namun juga ada pelengkap lain seperti berbagai macam sayur yang disiram dengan bumbu kacang lezat. Bagi yang belum tau, cingur sendiri merupakan bibir atau mulut sapi, meski bahannya terdengar aneh.

Tapi siapa sangka, bahwa rasa dari rujak cingur ini begitu lezat dan membuat banyak orang menyukainya. Dalam artikel kali ini, kita akan mereview secara singkat tentang rujak cingur.

Review Rujak Cingur Jawa Timur

Rujak cingur merupakan salah satu makanan dari Jawa Timur yang cukup popular di Indonesia. Berikut ini review singkat rujak khas dari Jawa Timur, kita akan mengulasnya mulai dari :

1.      Cita rasa

Rujak cingur Jawa Timur ini menawarkan varian rasa yang beragam. Rasanya pedas, gurih dan manis dipadu dengan tekstur cingur yang begitu kenyal ketika dicampur menjadi satu.

Hidangan ini sangat terkenal dengan perpaduan rasa kompleks dan juga harmonis. Menjadikannya sebagai hidangan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia, beberapa penjual bahkan menambahkan irisan nanas, bengkuang segar.

Serta kedondong atau mangga mentah untuk menambah kenikmatan rasanya. Buah tersebut akan memberikan rasa asam segar alami, aroma khas dari sayur serta buah yang segar.

Berpadu dengan gurihnya cingur dan juga petis serta kacang menjadikannya begitu lezat. Hidangan ini mudah ditemukan di beberapa rumah makan kecil atau tempat-tempat berkelas, untuk pembuatan rujak cingur Jawa Timur.

Selain menggunakan bahan utama cingur yang telah direbus, rujak ini juga memakai bahan-bahan pelengkap lainnya. Antara lain irisan buah-buahan tropis, seperti kedondong, mentimun, mangga, nanas, dan bengkuang.

Tidak hanya buah, kuliner ini juga dilengkapi potongan tempe dan tahu goreng. Ditambah pula sayuran berupa potongan kacang panjang dan daun kangkung.

Sedangkan untuk bumbunya sendiri terbuat dari kacang tanah yang telah digoreng, gula merah, garam dan cabai sesuai selera. Untuk dapat melengkapi cita rasa khas Jawa Timurnya, bumbunya ditambah dengan asam jawa dan petis.

Bumbu tersebut disatukan, kemudian diulek di cobek besar yang sesekali ditambah air tujuannya agar tidak terlalu kental. Setelah bumbu selesai di buat, satukan berbagai kemudian aduk hingga bumbu rata.

2.      Penyajian rujak cingur

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya selain mulut sapi, ada bahan lain yang terdapat pada rujak cingur Jawa Timur. Antara lain lalapan seperti tauge, ketimun serta kangkung, makanan ini biasanya ditaburi.

Saus kacang khas Jawa Timur yang begitu melimpah hingga menambah cita rasa gurih serta nagih. Tidak hanya itu, hidangan ini juga dapat disajikan dengan kerupuk udang, tahu dan tempe goreng.

Terkadang bahkan petis atau kentang rebus, beberapa orang cenderung memakannya dengan nasi biasa atau lontong. Biasanya hidangan segar tersebut dinikmati sebagai makanan pembuka atau makanan ringan tersendiri.

Tetapi bila disajikan dengan nasi atau lontong, makanan itu akan menjadi lauk yang sempurna untuk disantap terutama ketika cuaca panas. Penambahan buah sendiri merupakan variasi penyajian dari makanan ini. Beberapa daerah menambahkan irisan buah ke dalamnya, dilengkapi dengan saus kacang. Rasanya membuat rujak cingur Jawa Timur ini lebih bervariasi, tidak hanya segar dan gurih, tetapi juga sedikit asam.

Exit mobile version