Nasi Liwet Jolem Khas Pangandaran, Kuliner Lezat dengan Jantung Pisang

Selain menikmati wisata pantainya, Pangandaran juga dikenal memiliki kuliner yang enak seperti nasi liwet jolem dengan campuran Jantung Pisang. Sebenarnya liwet jolem sendiri sudah tidak asing dan cukup tersebar di berbagai daerah di Jawa Barat.

Bumbu rempah beraroma wangi menjadi salah satu ciri khas makanan lezat ini. Ciri khas lainnya yang membuat kuliner khas ini berbeda adalah penambahan jantung pisang.

nasi liwet jolem

Nasi Liwet Jolem Khas Pangandaran, Kuliner Lezat Sekaligus Menyehatkan

Nasi liwet merupakan hidangan nasi khas Indonesia yang dimasak menggunakan santan, kaldu ayam, dan berbagai rempah membuat rasanya sangat kaya saat matang. Hampir sama dengan makanan ini biasa namun kuliner khas dari pangandaran ini menambahkan jantung pisang untuk menambahkan cita rasa dan aromatik.

Namun, pemilihannya akan digunakan pada kuliner ini tidak boleh sembarangan. Biasanya digunakan hanya jenis pisang kepok atau siem. Jenis pisang ini sangat sering ditemukan di daerah Pangandaran.

Apalagi jenis dari kepok memiliki tekstur yang lebih lembut dan tidak memiliki getah banyak seperti pisang lain. Jadi tidak heran nasi liwet khas Pangandaran menjadi makanan khas favorit masyarakat maupun pengunjung.

Nasi liwet jolem disajikan dengan cara masih sangat sederhana, dengan menggunakan kastrol dan topping nya ikan mas utuh dibelah. Beberapa rempah yang dimasukkan untuk menambahkan aroma antara lain irisan tomat, irisan cabe, irisan jantung pisang hingga bumbu kuning untuk bumbu ikan mas.

Aroma gurih sekaligus harum karena rempah-rempah akan tercium sangat lezat, terutama saat nasinya sedang diaduk.

Selain menggunakan ikan mas, liwet jolem juga biasa disajikan dengan ikan mujair dan jenis ikan lainnya.

Hidangan ini juga sangat cocok jika dihidangkan dengan pencok kacang panjang dan karedok lenca. Para wisatawan yang sedang berkunjung ke Pangandaran tidak boleh melewatkan hidangan lezat ini.

Manfaat Mengonsumsi Jantung Pisang

Selain lezat, liwet Jolem juga mengandung bahan-bahan yang menyehatkan salah satunya jantung pisang. Banyak sekali manfaat bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya langsung dari hidangan khas Pangandaran ini.

Jantung kolesterol sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol hal ini karena dalam bahan ini mengandung senyawa sterol dan serat. Kedua senyawa ini sangat baik dalam menurunkan kolesterol dengan mengingat lemak sehingga dapat mengurangi penyerapan di dalam usus.

Dengan serat tinggi juga, jantung pisang pada nasi liwet jolem berguna sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan usus karena memiliki serat yang cukup. Apalagi serat mengandung prebiotic agar membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus.

Untuk Anda yang sedang berusaha meningkatkan jumlah ASI bisa juga mengonsumsinya. Bahan ini mengandung laktagogum berperan untuk menstimulasi hormon oksitosin dan prolactin dibutuhkan saat memproduksi ASI.

Nasi liwet jolem khas Pangandaran yang dihidangkan menggunakan jantung pisang tidak hanya memiliki cita rasa yang lezat menggugah selera makan tetapi juga sekaligus bermanfaat untuk kesehatan.

Leave a Reply