Site icon Ranchoreilly

Mie Sagu Khas Pontianak, Kelezatannya Wajib Dicoba

Orang Pontianak tentu tidak asing dengan mie sagu khas Pontianak yang memiliki cita rasa unik. Sesuai namanya, makanan ini dibuat dari pohon sagu, dapat diolah menjadi mie goreng atau berkuah.

Meskipun sangat terkenal di Riau hingga Kalimantan, namun masih banyak juga orang Indonesia yang belum mengetahuinya. Mie sagu sendiri sebenarnya merupakan makanan unik suku Melayu.

Namun ada yang membedakan antara mie khas suku Melayu dengan khas Pontianak. Dalam artikel kali ini kita akan mereview secara singkat mie sagu yang memang khas Pontianak.

Review Mie Sagu Khas Pontianak

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu makanan unik dari Pontianak ini berbeda dari makanan khas Melayu. Berikut ini review singkat makanan unik Pontianak yang perlu Anda ketahui, mulai dari:

1.     Pembuatan dan penyajian mie sagu khas Pontianak

Mie sagu khas Pontianak ini terbuat dari tepung sagu dan diolah dari batang Rumbia. Pohon satu ini paling banyak tumbuh di Indonesia tepatnya daerah tropis seperti Papua, Maluku.

Serta Riau, Sulawesi dan juga Kalimantan, baik itu secara liar maupun dibudidayakan. Selain itu pohon ini juga tumbuh di lahan basah yang terendam atau pinggiran sungai. Proses pembuatan Mienya unik.

Sebab harus melewati proses panjang guna membuat tepung hingga berbentuk mie. Sesudah menjadi bentuk tepung lalu diolah menjadi seperti mie-mie pada umumnya, tetapi bedanya sebelum diolah itu.

Bentuk rebusan tepung ini sangat kental seperli lem. Kemudian adonan dibentuk bulat, lalu dimasukkan ke dalam mesin pencetak setelah itu direbus kemudian didinginkan hingga kering.

Barulah setelah itu Mie sagu khas Pontianak bisa disajikan dalam sebuah mangkok berisi kuah lezat. Serta beberapa toping andalan, antara lain seperti kacang tanah, ikan teri, kecambah dan kucai.

2.     Rasa dan tekstur mienya

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kuliner satu ini sebenarnya juga merupakan salah satu makanan unik suku Melayu. Namun kuliner khas Melayu tentunya berbeda dengan kuliner unik Pontianak.

Bedanya terletak pada tambahan kecambah, ikan teri, kuah kaldu potongan daun kucai, dan Mienya itu sendiri. Anda bisa tambahkan kecap, perasan jeruk atau saus sesuai selera, tekstur mienya.

Mempunyai kekenyalan yang berbeda dari mie-mie berbahan dasar terigu. Mie Sagu Khas Pontianak bertekstur kenyal dan lembut pada saat dikunyah, bentuk mienya pipih lebar.

Seta warnanya bening seperti bihun tapi lebih tebal. Tidak hanya rasanya yang mengenyangkan, ternyata kuliner satu ini juga mempunyai berbagai macam manfaat yang tidak terduga. Jika ingin lebih special.

Anda bisa kolaborasikan dengan beberapa item lain seperti bakwan, telur, udang, ebi, bakso hingga aneka vegetarian. Yang membuat kuliner Pontianak ini tampak lain yakni, bumbu kuahnya.

3.     Manfaat mengonsumsi

Dari sisi karbohidrat, sagu mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi. Sementara terigu kaya akan gizi lain seperti lemak, protein dan sifat yang bisa mengembang. Sedangkan dari sisi keawetan.

Bila disimpan dengan kadar air sama, mie sagu lebih tahan lama dibandingkan yang berbahan dasar terigu. Bila biasanya mengonsumsi Mie unik Khas Pontianak ini, sama sekali tidak berbahaya bagi usus.

Kandungan karbohidrat di dalamnya, menjadikan makanan ini tidak memiliki efek negatif bagi usus. Bahkan makanan ini dengan resisten starchnya menjadikan probiotik bagi usus sehingga bisa melancarkan pencernaan.

Mengonsumsi olahan ini secara rutin juga dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan terutama bagi penderita diabetes. Jadi tidak hanya enak, juga kaya manfaat.

Exit mobile version