Lauk Nasi Kucing Paling Nikmat di Angkringan Jogja

Lauk nasi kucing di angkringan sangat beragam, sehingga semakin banyak pilihan menikmati kuliner khas Jogja ini. Beberapa menu pendamping ini bahkan sangat populer sehingga tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia.

Nama nasi kucing sendiri berasal dari porsi menunya yang sangat sedikit, biasanya setiap porsi dibungkus menggunakan daun pisang. Agar kenyang, pembeli biasanya mengambil lebih dari satu porsi dengan tambahan menu pendamping.

Tidak perlu khawatir membeli banyak porsi dan lauk nasi kucing, sebab harganya sangat terjangkau. Setiap porsi nasi kucing maupun lauk pendampingnya memiliki harga tidak lebih dari Rp5.000 saja.

Bukan hal yang mengherankan jika angkringan menjadi tujuan kuliner semua lapisan masyarakat. Mencari angkringan juga tidak sulit, hampir setiap sudutnya pasti ada warung tenda dengan menu-menu lezatnya.

lauk nasi kucing

Pilihan Lauk Nasi Kucing Angkringan Jogja

Seperti penjelasan sebelumnya, ada cukup banyak pilihan lauk yang lezat dan sangat terjangkau. Berikut adalah beberapa menu kuliner angkringan yang selalu ada dan menjadi kesukaan masyarakat.

1.      Ragam Sate lauk nasi kucing

Angkringan Jogja sering menyediakan beragam jenis sate yang selalu memikat selera, bahkan sekarang menjadi lebih banyak lagi pilihannya. Harganya juga sangat terjangkau, mulai dari Rp3.000 rupiah saja.

Pada angkringan tradisional, lauk nasi kucing ini bisa berupa sate usus, ati ampela, kulit ayam, hingga telur puyuh. Sedangkan angkringan lebih modern menyediakan bakso ikan, sosis, nugget menjadi sate.

2.      Tahu Tempe Bacem

Baceman sangat populer, terutama tahu dan tempe bacem dengan bumbu manis khas Jogja dan Solo. Tahu dan tempe bacem yang sudah matang akan berwarna kecoklatan, bisa langsung dinikmati atau dibakar lebih dahulu agar lebih nikmat.

3.      Ceker dan Kepala Ayam

Lauk nasi kucing lain yang tidak boleh ketinggalan adalah ceker dan kepala ayam dengan olahan bumbu baceman. Seperti tahu dan tempe bacem, menu pendamping ini bisa dinikmati langsung atau dibakar terlebih dahulu agar hangat.

4.      Gorengan

Gorengan juga sangat umum tersedia di angkringan, pilihannya juga sangat banyak seperti bakwan, mendoan, dan sebagainya. Beberapa angkringan juga menyediakan gorengan manis seperti tape goreng, sukun goreng, pisang goreng, dan lainnya.

Berbagai gorengan ini menjadi lauk yang cocok karena rasanya gurih, apalagi jika ada tambahan sambal. Bukan hanya itu saja, harga gorengan juga cenderung lebih murah daripada menu pendamping lainnya.

5.      Sambal

Berbeda dengan menu-menu sebelumnya, sambal sudah tersedia dalam setiap porsi nasi kucing. Salah satu menu pendamping ini sangat penting ada karena membuat nasi kucing menjadi lebih nikmat.

Setiap porsi sendiri biasanya memiliki sambal yang beragam, mulai dari sambal teri, orek tempe, dan lainnya. Selain sambal, beberapa nasi kucing juga berisi menu lain seperti opor ayam suwir yang tidak pedas.

Angkringan merupakan salah satu tempat makan yang menjadi tujuan masyarakat saat berada di Jogja. Selain menu utamanya, ada banyak pilihan yang membuat kuliner ini menjadi lebih nikmat.

Leave a Reply