Gethuk Pisang Kediri, Jajanan Legendaris untuk Oleh-Oleh

Gethuk pisang Kediri merupakan jajanan khas yang sering dijadikan sebagai oleh-oleh pelancong. Selain itu, masyarakat sekitar juga menjadikannya sebagai buah tangan untuk keluarga atau kerabat yang berada di luar kota.

Jajanan khas ini sendiri memiliki keunikan, sebab gethuk biasanya menggunakan bahan singkong, ubi, maupun dukun. Seperti namanya, bahan dasar oleh-oleh khas Kediri ini menggunakan pisang sehingga rasanya cukup unik.

Bukan hanya itu saja, gethuk pisang juga memiliki tekstur agak keras dan tidak akan lembek saat dikukus. Makanannya dapat bertahan selama beberapa hari sehingga cocok untuk buah tangan saat datang ke Kediri.

Tidak perlu khawatir, sebab jajanan gethuk pisang ini tidak hanya terjangkau namun juga cukup mudah ditemukan di toko oleh-oleh. Selain gethuk pisang, toko oleh-oleh umumnya menyediakan jajanan khas lain seperti tahu takwa, stik tahu, dan lainnya.

gethuk pisang Kediri

Gethuk Pisang Kediri untuk Oleh-Oleh

Berkunjung ke Kediri tentu tidak akan lengkap rasanya jika belum membeli buah tangan untuk keluarga maupun kerabat. Gethuk pisang ini menjadi jajanan khas yang banyak dicari untuk oleh-oleh selain tahu takwa karena beberapa alasan seperti berikut.

1.      Sejarah Gethuk Pisang Kediri

Jajanan satu ini menjadi kebanggaan masyarakat kerena merupakan makanan tradisional yang sudah ada sejak zaman kerajaan Nusantara. Kuliner ini sendiri merupakan kesukaan Dewi Sekartaji, seorang putri dari Jenggala, pecahan Kerajaan Kediri.

Hal inilah yang membuat gethuk pisang Kediri menjadi makanan khas nenek moyang, sebab sudah ada sejak lama. Cara pembuatan hingga rasanya juga tidak banyak berubah, sebab menjadi resep turun temurun dari waktu ke waktu.

2.      Bahan Pembuatan

Jajanan khas ini menggunakan bahan dasar pisang khusus jenis raja nangka, sebab aroma dan rasanya khas. Selain itu, daripada jenis lainnya, raja nangka juga memiliki tekstur yang cocok jika dijadikan sebagai gethuk.

Bahan baku utama ini harus dikukus selama 10 jam dalam pembuatannya agar menghasilkan sajian yang kesat dan bertahan lama. Rasa dan aromanya juga lebih khas sebab menggunakan daun pisang dalam penyajiannya. 

3.      Cita Rasa

Gethuk pisang Kediri memiliki cita rasa yang unik, yaitu manis legit dengan sedikit masam. Penggunaan daun pisang dalam penyajiannya juga memberikan aroma serta sensasi tersendiri saat menyantap jajanannya.

4.      Ketahanan

Jajanan khas ini cocok dijadikan sebagai oleh-oleh karena bertahan cukup lama dan tidak mudah basi. Jajanan ini tahan lama bukan karena menggunakan bahan pengawet, melainkan proses pembuatannya yang membutuhkan waktu berjam-jam.

Gethuk pisang Kediri sendiri bisa bertahan selama tiga hari jika dibiarkan dalam suhu kamar. Sementara itu, jika menyimpan jajanan ini dalam kemari pendingin, maka bisa bertahan hingga satu minggu lamanya.

5.      Tempat Membeli

Jajanan khas ini banyak tersedia di pusat oleh-oleh, baik di kota maupun kabupaten Kediri. Tidak perlu bingung memiliki toko oleh-oleh yang berjajar, sebab umumnya harga sama rata, tergantung ukuran dan jumlahnya.

Berkunjung ke Kediri tentu akan terasa kurang jika tidak membawa oleh-oleh berupa jajanan khas. Selain tahu takwa yang terkenal, gethuk pisang Kediri bisa menjadi pilihan buah tangan karena cita rasa uniknya.

Leave a Reply