Galendo Khas Ciamis, Makanan Terbuat dari Ampas Minyak Kelapa

Galendo khas Ciamis merupakan makanan ringan tradisional dengan cita rasa gurih dan manis. Hidangan ini merupakan salah satu makanan unik asal Indonesia karena terbuat dari ampas kelapa yang dimasak.

Walaupun sudah jarang ditemui saat ini, Anda masih bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh makanan khas Ciamis.

Galendo Khas Ciamis

Makanan Super Unik dengan Cita Rasa Menarik

Galendo menjadi salah satu hidangan yang cukup unik karena terbuat dari ampas kelapa dari proses pembuatan minyak. Nama ini sendiri berasal dari bahasa sunda, “gale” artinya sisa, “ndo” artinya makanan.

Ampas kelapa sisa yang berwarna kecokelatan dari proses pembuatan minyak ini dipadatkan memiliki cita rasa manis dan gurih. Galendo khas dari Ciamis ini diperkirakan sudah ada sejak zaman kerajaan zaman dahulu.

Sumber mengatakan makanan dari ampas kelapa ini sudah ada sejak masa pemerintahan Raden Adipati Aria Kusumah Diningrat atau Kanjeng Prabu Bupati Galuh pada periode kepemimpinan 1839-1886 M.

Sayangnya, semakin berkembangnya zaman makanan tradisional ini sudah semakin jarang ditemukan. Hal ini terjadi karena banyaknya anak muda yang tidak menyukai makanan-makanan kuno.

Walaupun begitu sekarang sudah banyak pengrajin galendo khas Ciamis yang melakukan inovasi dengan menghadirkan berbagai varian rasa. Varian rasa yang tersedia biasanya durian, pandan, susu, original, pisang, cokelat dan masih banyak lagi.

Inovasi variasi rasa ini diharapkan membawa angin segar untuk kembali membuat makanan tradisional tetap eksis. Tetapi walaupun menyediakan banyak variasi buah, tetap saja tidak menyebabkan rasa original tergantikan.

Berasal dari ampas kelapa dari proses penyulingan minyak, ternyata Galendo masih memiliki kandungan gizi cukup banyak. Dari buah kelapa sendiri sudah mengandung nutrisi, protein, mineral bahkan vitamin B.

Selain itu Kelapa juga sudah mengandung mangan cukup tinggi, mangan ini sangat baik untuk kesehatan tulang, metabolisme karbohidrat, protein dan juga kolesterol. Apalagi kuliner ini tidak mengandung bahan pengawet sama sekali karena saat proses pengepressan kadar minyaknya otomatis berkurang.

Nikmatnya Galendo Khas Ciamis dengan Tape Singkong

Makanan khas Ciamis ini termasuk ke dalam kebudayaan suatu daerah dan mencerminkan sejarah sekaligus tradisi masyarakat. Jadi dengan menjaga dan melestarikan Galendo, Anda bisa mempertahankan warisan budaya daerah yang berharga serta sekaligus mempromosikan keunikan daerah tersebut.

Jajanan super langka ini biasanya dijual antara Rp 50.000 sampai dengan Rp 55.000 per kilogramnya. Jika terasa terlalu mahal, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah saat berkunjung di toko pusat oleh-oleh.

Galendo khas dari Ciamis bisa di makan langsung, atau Anda bisa menikmatinya dengan tape singkong atau peuyeum dan tambahan sedikit gula pasir.

Tape singkong atau peuyeum bisa dicocol pada galendo dan gula pasir. Selain langsung dimakan, galendo khas Ciamis bisa menjadi salah satu bahan bumbu dapur untuk menambahkan cita rasa yang kaya pada masakan.

Leave a Reply